Kompas.com - 01/07/2015, 16:54 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat dan Kuba akan mengumumkan pembukaan kedutaan besar di masing-masing ibu kota, pada Rabu (1/7/2015) waktu AS.

Pengumuman itu merupakan langkah besar dalam pemulihan kembali hubungan diplomatik kedua negara yang putus sejak 1961. Demikian diungkapkan seorang pejabat senior AS yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Hingga saat ini belum diperoleh informasi apakah Presiden Barack Obama yang akan langsung menyampaikan pengumuman itu atau lewat pernyatan pers Gedung Putih.

Hubungan kedua negara memburuk sejak pemerintah Washington memberlakukan embargo perdagangan tak lama setelah memutus hubungan dengan Havana.

Langkah itu ditempuh sebagai tanggapan atas revolusi di Kuba yang mengantarkan pemerintah Komunis pimpinan Fidel Castro ke kursi kekuasaan di Kuba.

Namun, pemerintah AS dan Kuba sepakat untuk memulihkan hubungan pada akhir tahun lalu. Dan pada Mei tahun ini Washington mencabut Kuba dari daftar negara yang mendukung terorisme.

Rencana untuk membuka jalur transportasi lewat feri dan penerbangan juga sudah diumumkan namun larangan atas warga Amerika Serikat untuk terbang ke Kuba masih diterapkan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.