Kompas.com - 25/02/2015, 22:01 WIB
EditorErvan Hardoko
TEHERAN, KOMPAS.com - Militer Iran menggelar latihan perang di Selat Hormuz, Rabu (25/2/2015). Latihan yang juga melibatkan pasukan elite Garda Revolusi itu merupakan aksi unjuk kekuatan Iran di selat yang sangat penting dalam lalu lintas perdagangan minyak dunia.

Pembukaan latihan perang ini dihadiri para komandan Garda Revolusi dan ketua parlemen Iran Ali Larijani. Demikian dikabarkan kantor berita Reuters.

"Dengan kondisi saat ini di kawasan, kami telah meningkatkan anggaran militer untuk memastikan stabilitas kawasan," ujar Ali Larijani dalam jumpa pers sebelum latihan militer itu dimulai.

Dalam latihan ini, AL Iran juga menembak sebuah replika kapal induk AS. Replika ini dibuat dengan ukuran yang sama dengan kapal induk AS dan dihancurkan dengan menggunakan peluru kendali dan misil balistik.

Menurut catatan Badan Informasi Energi AS, sekitar 30 persen lalu lintas perdagangan minyak mentah dunia melintasi Selat Hormuz.

Sejumlah pejabat AS di masa lalu pernah mengungkapkan kekhawatiran Iran akan mengganggu jalur perdagangan minyak atau bahkan menyerang kapal-kapal perang AS yang berpatroli di kawasan Teluk Persia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.