Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Video Tampilkan Prajurit Iran Bertempur di Suriah

Kompas.com - 16/09/2013, 16:42 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com — Sebuah video yang muncul di internet pekan ini menampilkan sejumlah "bukti kuat" keterlibatan langsung Iran dalam konflik bersenjata di Suriah. Demikian laporan BBC pada Minggu (15/9/2013).

Video itu menampilkan lima orang pria mengenakan seragam militer Iran, yang diduga kuat adalah anggota Pasukan Garda Revolusi Quds.

Kelima orang ini berada di antara sekelompok pejuang pro-rezim Presiden Bashar al-Assad.

"Berdasarkan pembicaraan antara para pria Iran yang terdengar dalam rekaman video, mereka sedang berada di sebuah lokasi di sebelah selatan kota Aleppo," demikian BBC.

Laporan soal video ini juga muncul di harian The New York Times. Harian ini menuliskan, para anggota militer Iran itu disebut sebagai para "penasihat militer".

Para pejuang oposisi diduga kuat sebagai pengunggah video tersebut. Kelompok oposisi mengatakan, rekaman video itu adalah milik seorang juru kamera Iran yang tewas dalam pertempuran.

"Video itu juga menampilkan mereka (militer Iran) dan para pendukung pemerintah berada di sebuah bangunan yang mirip dengan sebuah sekolah dengan tulisan ditempel di tembok dalam bahasa Arab dan Persia, mengindikasikan jumlah orang Iran jauh lebih banyak dari yang terlihat dalam video," lanjut BBC.

Dalam satu titik rekaman itu terlihat kamera perekam jatuh ke tanah dan tampilan langsung berubah gelap. Sementara suara peluru terdengar di latar belakang.

Situasi ini kemungkinan besar adalah saat si juru kamera tertembak dan tewas.

Pada Juni lalu, harian The Independent melaporkan, sekitar 4.000 anggota pasukan Garda Revolusi Iran dikirim ke Suriah untuk membantu rezim Presiden Bashar al-Assad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com