Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2015, 22:06 WIB
EditorErvan Hardoko
DEN HAAG, KOMPAS.com — Pengadilan kejahatan perang Yugoslavia, Jumat (30/1/2015), mengganjar hukuman penjara seumur hidup untuk dua mantan perwira milisi Bosnia-Serbia atas peran mereka dalam pembantaian 8.000 pria dan anak-anak Muslim di Srebrenica pada 1995.

Dalam sidang banding itu, hakim Patrick Robinson memperkuat hukuman seumur hidup untuk Vujadin Popovic (57) dan Ljubisa Beara (75).

Popovic, yang mengenakan jas berwarna gelap melapisi kaus hitam, terlihat menggelengkan kepala saat hakim membacakan keputusannya. Sementara Beara berdiri tanpa bereaksi.

Kedua pria itu dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas dakwaan keterlibatannya dalam genosida, kejahatan perang, dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang ditimpakan pada mereka sejak 2010.

Sementara itu, empat perwira angkatan darat dan seorang perwira polisi juga dinyatakan bersalah melakukan kejahatan perang dan dijatuhi hukuman penjara antara lima hingga 35 tahun. Tiga dari para terpidana itu mengajukan banding.

Pengadilan menjatuhkan hukuman 35 tahun penjara untuk kepala pasukan keamanan Bosnia, Drago Nikolic (57), dan 13 tahun penjara untuk komandan brigade Vinko Pandurevic (55).

Sedangkan hukuman 19 tahun penjara untuk kepala operasional angkatan darat Bosnia Radijove Miletic (67) dikurangi satu tahun.

Sebelum mengambil keputusan, majelis hakim sudah mendengarkan kesaksian 315 saksi mata selama 425 hari persidangan.

Hingga saat ini sudah 20 orang yang dipidana terkait pembantian Srebrenica, termasuk politisi ternama Serbia-Bosnia Radovan Karadzic dan Jenderal Ratko Mladic.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.