Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasad Bayi Korban Pembantaian Srebrenica Dimakamkan Kembali

Kompas.com - 11/07/2013, 16:07 WIB
SREBRENICA, KOMPAS.com — Pemerintah Bosnia, Kamis (11/7/2013), akan menguburkan tulang belulang 409 korban pembantaian di kota Srebrenica 1995.
 
Pemakaman ini adalah bagian dari peringatan ke-18 pembantaian manusia terburuk di Eropa pasca-Perang Dunia II saat milisi Serbia-Bosnia membantai 8.000 warga Muslim.

Ribuan orang datang ke kota Srebrenica untuk menghadiri upacara pemakaman sisa-sisa jenazah korban yang ditemukan dalam sebuah kuburan massal di kawasan timur Bosnia dan baru dapat diidentifikasi dua dekade setelah pembantaian itu terjadi.

Di antara sisa-sisa jenazah yang dimakamkan, terdapat sisa jasad seorang bayi yang meninggal tak lama setelah dilahirkan.

"Tahun ini kita akan memakamkan korban pembantaian termuda, yaitu bayi keluarga Muhic, yang sisa jasadnya berhasil diangkat dari sebuah kuburan massal pada 2012," kata seorang pejabat pemerintah Bosnis, Kenan Karavdic.

Bayi ini meninggal tak lama setelah dilahirkan pada Juli 1995 di basis pasukan PBB di Potocari, dekat Srebrenica.

"Dia akan dimakamkan di dekat ayahnya, Hajrudin, yang tewas dalam pembantaian itu," tambah Karavdic.

Di antara 409 korban yang dimakamkam kembali itu, 44 jasad berusia antara 14-18 tahun. Demikian pejabat setempat menjelaskan.

Sebanyak 6.000 orang sudah berkumpul di Potocari, dekat Srebrenica, setelah melakukan napak tilas lokasi pelarian sejumlah korban selamat pembantaian sejauh 80 kilometer.

Srebrenica adalah sebuah enklaf Muslim yang dilindungi PBB hingga 11 Juli 1995 ketika pasukan Serbia Bosnia menyerbu wilayah itu.

Pasukan Serbia Bosnia dengan mudah menguasai pasukan PBB bersenjata ringan asal Belanda yang berusaha melindungi ribuan warga Muslim dari berbagai desa di dekat basis PBB itu.

Pasukan Serbia Bosnia kemudian mengangkut para pria dan anak laki-laki ke atas truk, mengeksekusi mereka, dan memasukkan jasad mereka ke dalam beberapa kuburan massal.

Sisa-sisa 5.657 jasad berhasil diidentifikasi dengan tes DNA dan sudah dimakamkam kembali di taman pemakaman Potocari yang dibangun untuk mengenang tragedi kemanusiaan itu.

Namun, masih ada ribuan sisa jasad yang hingga kini belum teridentifikasi dan masih banyak lagi yang belum ditemukan.

Dua terdakwa pelaku pembantaian Srebrenica, Radovan Karadzic dan Jenderal Ratko Mladic, kini tengah menjalani sidang terkait kejahatan mereka di masa perang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com