Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Akan Kembalikan Pelajaran Bahasa Arab dan Ottoman

Kompas.com - 08/12/2014, 23:25 WIB
ISTANBUL, KOMPAS.com - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Senin (8/12/2014), berjanji akan menjadikan pelajaran tulisan Arab dan bahasa Ottoman menjadi pelajaran wajib di sekolah-sekolah.

Pendiri Turki modern, Mustafa Kemal Ataturk menghapuskan bahasa Ottoman pada 1928 dan menggantikan huruf Arab yang digunakan dengan huruf Latin. Ataturk juga melakukan pemurnian pengaruh bahasa Arab, Persia dan Yunani untuk membentuk bahasa Turki yang murni untuk digunakan warga negeri itu.

Dewan Pendidikan Turki, yang sebagian besar anggotanya adalah pendukung pemerintahan Erdogan, memutuskan untuk mewajibkan pelajaran bahasa Ottoman di sekolah-sekolah agama dan menjadikannya pelajaran pilihan di sekolah-sekolah umum.

Erdogan menegaskan pelajaran bahasa Ottoman itu diperlukan untuk memperbaiki hubungan dengan "akar bangsa Turki", di mana sebagian besar warga negeri itu tak bisa lagi membaca tulisan di batu nisan para leluhur yang ditulis dalam tulisan Arab.

"Ada yang tidak menginginkan pelajaran ini dan itu adalah bahaya besar. Suka atau tidak, bahasa Ottoman akan dipelajari dan diajarkan di negeri ini," ujar Erdogan di hadapan sidang dewan keagamaan di Ankara.

"Ini bukan bahasa asing. Bahasa ini adalah sebuah bentuk bahasa Turki yang tidak akan pernah hilang dimakan usia," lanjut Erdogan.

Sejulam kalangan mengkritik keputusan Erdogan itu dengan menyebut pemerintah Turki saat ini mencoba untuk menghapus reformasi sekuler Ataturk, yang berbasis pemisahan antara utusan agama dan kenegaraan.

Pemimpin oposisi Kemal Kilicdaroglu mengatakan langkah Erdogan ini adalah upaya utuk membuah anak-anak Turki berhenti bertanya soal dunia. "Pemerintah ingin membawa Turki kembali menjadi negara abad pertengahan, namun mereka tak akan pernah berhasil," ujar Kemal.

Bahkan politisi dari partai berkuasa Partai Pembangunan dan Keadilan (AKP), Nursuna Memecan juga mengkritik keinginan Erdogan itu. "Saya tak bisa memahami bagaimana pelajaran ini bisa memberi kontribusi terhadap generasi mendatang yang harus berlomba menghadapi teknologi dunia yang terus maju," ujar Nursuna.

Namun, Perdana Menteri Ahmet Davutoglu balik mengecam para pengkritik keputusan Erdogan ini. "Mengapa mereka begitu alergi terhadap sejarah? Mengapa mereka membenci budaya sendiri? Ini semua di luar pemahaman kami," ujar Davutoglu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com