Kompas.com - 14/10/2014, 17:45 WIB
EditorErvan Hardoko
ANKARA, KOMPAS.com - Pemerintah Turki membantah telah mengizinkan AS menggunakan pangkalan-pangkalan udaranya untuk memerangi Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Suriah.

Namun, Turki membenarkan telah bersedia untuk melatih anggota pemberontak Suriah yang berhaluan moderat.

"Kami masih melakukan negosiasi dengan para sekutu kami. Namun belum ada perkembangan apapun soal Incirlik," kata Wakil Perdana Menteri Bulent Arinc kepada wartawan setelah sidang kabinet di Ankara.

"Setiap orang bisa membuat pernyataan berbeda yang melebihi tujuan mereka dan untuk menyenangkan publik mereka," lanjut Arinc.

Saat ini, angkatan udara AS menggunakan pangkalan militer Incirlik sebagai basis operasi kemanusiaan ke Irak dan Suriah. Namun, AS membutuhkan otorisasi lebih lanjut dari Ankara untuk menggunakan Incirlik sebagai basis sebuah serangan militer ke wilayah negara lain.

"Belum ada kesepakatan baru dengan AS terkait Incirlik," kata seorang pejabat Turki yang tak ingin disebutkan namanya.

Pejabat itu menambahkan, negosiasi masih berlangsung tergantung sejumlah kondisi termasuk usulan Turki terkait pembentukan zona larangan terbang di dalam wilayah Suriah serta sebuah zona penyangga di antara perbatasan kedua negara.

Sebelumnya, seorang pejabat senior AS mengatakan Turki telah mengizinkan militer AS menggunakan beberapa pangkalan militernya, termasuk Incirlik, sebagai basis operasi militer terhadap ISIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.