Kompas.com - 08/08/2014, 16:40 WIB
EditorErvan Hardoko
DAMASKUS, KOMPAS.com — Pasukan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) berhasil merebut pangkalan Angkatan Darat Suriah Brigade 93 yang penting di Provinsi Raqqa, Kamis (7/8/2014) malam.

"ISIS merebut pangkalan Brigade 93 setelah melalui pertempuran sengit dan tiga kali bom bunuh diri," kata Ketua Lembaga Pengawas HAM Suriah Rami Abdel Rahman, Jumat (8/8/2014).

Setelah pangkalan militer itu jatuh, Rami menambahkan, pasukan Pemerintah Suriah kini hanya memiliki satu posisi di Provinsi Raqqa, yaitu Bandara Tabqa.

Sejumlah tentara sudah ditarik mundur dari Brigade 93 pada Juli lalu setelah ISIS merebut Divisi 17, basis militer lain di wilayah yang sama di mana sedikitnya 85 orang tewas dalam baku tembak atau dieksekusi sesudahnya.

"Dalam perebutan Brigade 93, sebanyak 36 orang tewas. Beberapa dari mereka dipenggal, sementara yang lain tewas akibat baku tembak atau bom bunuh diri," lanjut Rami.

Sementara itu, dari pihak ISIS, 15 pejuangnya tewas, termasuk tiga pelaku bom bunuh diri yang meledakkan pintu masuk ke pangkalan militer itu ketika serangan dimulai pada Rabu lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.