Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/08/2014, 08:52 WIB
NEW YORK, KOMPAS.COM - Dewan Keamanan PBB menggelar sidang darurat untuk membahas krisis di Irak yang menyebabkan puluhan ribu umat Kristen dan suku minoritas lainya mengungsi dari kelompok jihad Islam.

Perancis -yang mengusulkan sidang darurat itu- sudah menawarkan bantuan untuk pasukan Kurdi di Irak utara yang berupaya melawan gerak maju kelompok Negara Islam atau Daulah Islamiyah (DI), yang selama ini dikenal dengan ISIS.

Seorang diplomat mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa bantuan Perancis tersebut bukan militer namun teknis.

Amerika Serikat sudah memperingatkan kondisi kelompok minoritas di Irak bisa mengarah menjadi 'bencana kemanusiaan'. "Kami sangat prihatin atas kesehatan dan keselamatan mereka," tegas salah seorang juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest.

ISIS merebut kota yang banyak dihuni umat Kristen, Qaraqosh, setelah pasukan Kurdi terpukul pundur.

Seorang uskup agung di kota itu mengatakan para anggota ISIS menjarah kawasan yang sudah menjadi tempat tinggal umat Kristen di Irak selama 2.000 tahun belakangan.

Paus Fransiskus sudah meminta aksi internasional untuk mengakhiri yang disebutnya sebagai tragedi kemanusiaan.

PBB mengatakan sejumlah anggota kelompok minoritas Yazidi, diselamatkan dari kawasan pegunungan tempat sekitar 50.000 Yazidi mengungsi dari kota Sinjar karena ancaman ISIS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com