Kompas.com - 24/02/2014, 20:30 WIB
EditorErvan Hardoko
VATICAN CITY, KOMPAS.com — Paus Fransiskus, Senin (24/2/2014), membentuk kementerian keuangan baru untuk mengelola masalah perekonomian Vatikan sekaligus untuk meningkatkan transparansi dan meningkatkan pendanaan bagi orang miskin.

Pembentukan kementerian keuangan baru ini menyusul serangkaian skandal korupsi dan pencucian uang yang terjadi di Bank Vatikan.

Kementerian keuangan ini akan dipimpin Kardinal George Pell dari Austria yang akan mempersiapkan anggaran tahunan Vatikan dan menerapkan standar akuntansi dan sistem pelaporan internasional.

"Bapa Paus mengumumkan sebuah struktur kordinasi baru untuk urusan ekonomi dan administrasi untuk Vatikan," demikian pernyataan resmi Vatikan.

Vatikan menambahkan, langkah ini diambil sesuai dengan rekomendasi yang diajukan para kardinal penasihat Paus, termasuk komitmen untuk lebih mengikuti standar internasional.

"Perubahan ini akan memastikan penggunaan sumber daya lebih baik, meningkatkan dukungan untuk berbagai program, terutama kerja kami untuk orang miskin," tambah Vatikan.

Kementerian ini, secara resmi akan disebut "Sekretariat Ekonomi", dan akan diisi 15 orang anggota dewan, yang terdiri dari delapan orang kardinal dari berbagai belahan dunia dan tujuh orang pakar finansial internasional.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.