Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Vatikan Minta Janda dan Pensiunan Tutup Rekening

Kompas.com - 31/01/2014, 00:29 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
VATICAN CITY, KOMPAS.comAssociated Press mendapatkan informasi bahwa Bank Vatikan telah mengirimkan surat kepada puluhan janda dan pensiunan pegawai untuk menutup rekening di bank tersebut. Bila tidak dilakukan, para janda dan pensiunan pegawai tersebut akan kehilangan akses atas uang mereka.

Pelacakan atas informasi itu mendapatkan kesalahan teknis menjadi dalih kejadian memalukan tersebut. Insiden ini semakin mempermalukan bank yang sedang sibuk menangkis tuduhan salah urus dan korupsi yang lebih dulu menghantam.

"Dalam beberapa kasus wanita tua mendapat surat jahat," ujar Max Hohenberg, juru bicara Institute for Religious Works. Presiden Bank Vatikan, Ernst Von Freyberg, telah menulis surat singkat kepada para klien dan memberitahu mereka tak lagi memenuhi kriteria sebagai pemilik akun rekening di bank ini.

Kriteria tersebut ditetapkan oleh dewan bank. Lewat surat itu, Freyberg meminta para janda dan pensiunan pegawai tersebut untuk mengambil uang mereka atau akan kehilangan uang itu. Tidak diketahui bagaimana para mantan pegawai Vatikan itu masuk daftar pembersihan berdasarkan kriteria yang didefinisikan secara internal oleh Bank Vatikan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com