Kompas.com - 16/01/2014, 21:57 WIB
EditorErvan Hardoko
BEIJING, KOMPAS.com - Aparat keamanan China menangkap akademisi Uighur, Ilham Tohti, yang dikenal sangat vokal mengkritik kebijakan pemerintah china terhadap warga minoritas Muslim. Demikian penjelasan kepolisian China, Kamis (16/1/2014).

Setelah ditahan karena tuduhan "melanggar hukum", Tohti bersama dengan ibunya, kemudian dibawa ke lokasi yang tak diketahui oleh puluhan polisi. Demikian keterangan istri Tohti, Guzaili Nu'er. "Polisi juga menyita telepon genggam dan komputer kami," tambah Nu'er.

Nu'er menambahkan polisi tidak melakukan penangkapan paksa terhadap suaminya di depan kedua anaknya yang masih kecil.

"Saya bertanya (kepada polisi) kemada mereka akan membawa suami saya. Namun mereka tidak berkata apa-apa," papar Nu'er.

"Situasi ini berpengaruh besar terhadal anak-anak kami. Mereka menangis sejak tadi malam, dan kini saya bahkan tak memiliki telepon genggam," ujar Nu'er.

Juru bicara kementerian luar negeri China, Hong Lei mengatakan Tohti ditahan karena dia dicurigai melakukan kejahatan dan melanggar hukum. Namun Lei tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Tohti (45) adalah pakar ekonomi di Universitas Kebangsaan Beijing dan selama ini dikenal kritis terkait kebijakan pemerintah China terhadap etnis Uighur yang banyak mendiami Xinjiang di wilayah barat China.

Xinjiang yang berbatasan dengan Asia Tengah, berulang kali didera kekerasan dalam beberapa tahun terakhir ini yang menewaskan puluhan orang. Pemerintah China selama ini menuding kelompok teroris yang mendalangi serangkaian kekerasan di Xinjiang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.