Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi China Atasi Virus Corona Dianggap Tepat oleh WHO

Kompas.com - 19/02/2020, 15:45 WIB
Miranti Kencana Wirawan

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com - Direktur Eksekutif WHO, Michael Ryan mengungkapkan bahwa pemerintah China dianggap telah melakukan tindakan tepat atasi virus corona

Pemerintah China seperti dilansir dari Straits News, telah meminta warganya untuk kembali ke Beijing dan mengarantina diri mereka sendiri selama 14 hari. Mereka juga menutup kota Wuhan, Provinsi Hubei sebagai tempat pertama penyebaran virus corona.

"Terdapat banyak pertaruhan yang teramat sangat di sini, di terminologi kesehatan publik dan di terminologi yang tak hanya mengkhususkan kesehatan publik China tapi juga seluruh dunia." Papar Ryan.

Baca juga: WHO Puji Singapura Terkait Penanganan Virus Corona

Dia juga mengungkapkan bahwa menemukan keseimbangan antara menghormati kebebasan individu dan hak asasi manusia individual sangatlah sulit.

"Tapi strategi yang dilakukan China memang tepat. Juga strategi yang dilakukan Singapura. Kita melihat beberapa negara belakangan tepat dalam menangani kasus, rencananya tertata dalam mendeteksi virus, batasi ini, hentikan ini, dan lama-lama (taktik itu) akan menyebar."

Pihak WHO mengharapkan adanya bukti kesehatan publik tiap negara pada beberapa hari mendatang. 

Sejauh ini sebanyak lebih dari 75 ribu kasus orang terinfeksi virus corona dan sebanyak 2.010 angka kematian. Dikabarkan juga dari South China Morning Post, sebanyak 14.451 korban virus corona telah sembuh. 

Baca juga: Korea Selatan Konfirmasi Lonjakan Kasus Korban Infeksi Virus Corona Sebanyak 50 Persen

Pemerintah China mengindikasikan adanya penurunan angka infeksi virus corona baru membuktikan efektivitas langkah-langkah agresif seperti pembatasan wisata dan perdagangan. 

Langkah-langkah itu kemudian dianggap telah mampu memperlambat penyebaran virus khususnya di Provinsi Hubei, dan ibukotanya, Wuhan.

Direktur Jenderal WHO, Michael Ryan mengatakan bahwa China telah sukses menangani kasus virus corona di Hubei dan memastikan bahwa orang-orang yang kembali dari Beijing selepas Tahun Baru Imlek masih dalam pantauan.

Baca juga: Sempat Dibantah, Direktur Rumah Sakit di Wuhan Meninggal karena Virus Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com