Kompas.com - 25/12/2013, 22:47 WIB
EditorTri Wahono


Puluhan penumpang kapal pesiar MV Akademik Shokalskiy yang tengah melakukan pelayaran Spirit of Mawson (Semangat Mawson) terpaksa merayakan Hari Natal dalam kondisi terjebak di bongkahan es.

Kapal pesiar yang mereka tumpangi terjebak di perairan beku Antartika di Kutub Selatan.

Kapal buatan Rusia itu terjebak sekitar 1.500 mil laut di Hobart Selatan, dekat pangkalan militer Perancis di pinggir Antartika.

Kapal yang mengangkut 74 orang penumpang yang terdiri dari ilmuwan, turis, petualang, dan wartawan Guardian itu terjebak pada Rabu (25/12/2013) dini hari. 

Tapi tampaknya butuh waktu sekitar 2 hari menunggu kapal pemecah es tiba bisa tiba di sana melakukan pertolongan.

Andrea Hayward-Maher dari Badan Keamanan Transportasi Laut Australia mengatakan kapal itu terjebak di daerah yang cukup terpencil.

"Untuk saat ini kondisi mereka aman, tapi kami terus memantau secara dekat kondisi kapal dan penumpangnya. Kita juga mempersiapkan langkah tanggap darurat untuk mengantisipasi memburuknya kondisi kapal pesiar itu," katanya.

"Kapal pesiar itu juga tidak mengalami kerusakan untuk saat ini dan muda-mudahan saja kita bisa segera memecah bongkahan es disana agar penumpang bisa dipindahkan jika memang langkah itu diperlukan," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.