Kompas.com - 19/12/2013, 15:37 WIB
EditorErvan Hardoko

PYONGYANG, KOMPAS.com — Mantan pemain basket AS, Dennis Rodman, akan mengunjungi Korea Utara selama lima hari untuk melatih tim bola basket nasional negara itu.

Rodman sebelumnya menyebut kunjungannya sebagai "diplomasi bola basket" dan mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong Un adalah "teman abadi".

Departemen Luar Negeri AS menegaskan bahwa Rodman tidak mewakili AS dalam kunjungan ini.

Kedatangan Rodman terpaut beberapa minggu setelah paman Kim, Jang Song Thaek, dieksekusi.

Analis mengatakan, eksekusi Chang sebagai guncangan politik terbesar sejak kematian mantan penguasa Kim Jong Il dua tahun lalu.

Berbicara kepada wartawan di Beijing sebelum melanjutkan perjalanan ke Korea Utara, Rodman mengatakan, politik "tidak ada hubungannya dengan dirinya."

"Saya hanya pergi ke sana untuk bermain basket dan bersenang-senang," kata Rodman pada kantor berita Reuters.

Penyelenggara acara mengatakan, Rodman juga mengadakan pertandingan persahabatan antara Korea Utara dan sekelompok mantan pemain NBA pada 8 Januari untuk memperingati ulang tahun Kim.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Marie Harf mengatakan pada hari Selasa, "Dennis Rodman bukan perwakilan Pemerintah AS dalam kunjungannya ke Korea Utara."

"Kita harus fokus pada hal penting jika membicarakan Korea Utara... yaitu brutalnya rezim Korea Utara yang akan ia temui."

Kelompok ini mengaku bertanggung jawab atas serangan fajar ke Departemen Pertahanan Yaman di Sanaa pada 5 Desember lalu yang menewaskan 56 orang.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.