Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dennis Rodman Kembali Sambangi Kim Jong Un

Kompas.com - 03/09/2013, 12:16 WIB
PYONGYANG, KOMPAS.com — Mantan bintang basket NBA, Dennis Rodman, dijadwalkan tiba pada Senin (2/9/2013) di Pyongyang untuk kunjungan selama lima hari.

Meski kunjungannya itu terjadi tak lama setelah Pemerintah Korea Utara membatalkan kunjungan utusan khusus AS untuk merundingkan pembebasan Kenneth Bae, Rodman menegaskan, dia hanya mengunjungi kawannya, pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un.

"Saya ke Korea Utara untuk bertemu kawan saya, Kim. Ini hanya kunjungan persahabatan," kata Rodman kepada wartawan saat transit di Beijing.

Namun, sebelumnya kepada Huffington Post TV, bintang eksentrik itu menyatakan, dia akan menyampaikan permintaan soal pembebasan Kenneth Bae.

"Saya pasti akan meminta pembebasan Kenneth Bae," kata mantan bintang Chicago Bulls itu kepada Huffington Post TV.

Sementara itu, manajer Rodman, AJ Bright, mengatakan, fokus kunjungan ini adalah murni berkaitan dengan olahraga dan dia tak mau berkomentar soal isu Kenneth Bae.

Dennis Rodman pertama kali bertemu dengan Kim Jong Un dalam kunjungan Februari lalu untuk mempromosikan olahraga basket dan membuat sebuah film dokumenter.

Pemerintah AS menuding kunjungan itu hanya akan digunakan Kim Jong Un untuk propaganda, tetapi Rodman mengatakan, "diplomasi bola basket" itu bisa digunakan untuk membangun hubungan kedua bangsa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com