Kompas.com - 14/11/2013, 16:29 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com — Presiden Rusia Vladimir Putin mendapatkan penghargaan tertinggi dalam beladiri taekwondo dengan status grand master kehormatan.

Dengan gelar ini, level Putin dalam seni beladiri asal Korea itu berada di atas aktor laga Chuck Norris yang meraih Dan Delapan. Sementara Putin, dengan gelarnya ini, memiliki Dan Sembilan.

Uniknya, Putin tidak pernah mempelajari taekwondo. Namun, mantan agen KGB itu diketahui menyandang Dan Delapan judo yang dianugerahkan Federasi Judo Internasional.

Gelar tertinggi dalam taekwondo itu diserahkan oleh Ketua Federasi Taekwondo Dunia saat Putin melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan belum lama ini.

"Saya kira saya tak pantas mendapatkan gelar Dan setinggi ini," ujar Putin seperti dikutip International Business Times.

"Anggap saja ini sebagai kampanye untuk semakin memopulerkan seni beladiri hebat ini. Rusia akan melakukan yang terbaik untuk memopulerkan taekwondo di dalam negeri," ujar Putin.

Kini, secara resmi Putin berhak menyandang gelar Sasung atau grand master kehormatan.

Putin adalah satu dari sejumlah tokoh yang mendapatkan penghargaan peringkat "Dan" taekwondo. Salah seorang tokoh dunia lain yang mendapatkan penghargaan serupa adalah Sekjen PBB Ban Ki-moon.

Sementara Presiden AS Barack Obama pernah menerima penghargaan sabuk hitam taekwondo pada 2009. Pada masa mudanya, Vladimir Putin pernah menjadi juara judo dan pada 2008 meluncurkan DVD soal beladiri asal Jepang tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.