Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai "Hidung Badut", Paus Ikut Rayakan Pernikahan Pekerja Amal

Kompas.com - 07/11/2013, 17:35 WIB
VATICAN CITY, KOMPAS.com — Paus Fransiskus kembali menunjukkan kedekatan dengan umatnya dengan langsung berbaur dan ikut dalam kegiatan mereka.

Pada Rabu (6/11/2013), Paus menunjukkan selera humornya saat mengenakan hidung merah yang biasa dikenakan para badut sirkus.

Dia mengenakan simbol universal komedi itu untuk ikut merayakan pernikahan sepasang anggota badan amal Asosiasi Pelangi Maco Iagulli Onlus.

Organisasi ini adalah badan amal yang menggunakan badut untuk menghibur anak-anak penderita kanker di rumah sakit atau panti asuhan.

Selain itu, organisasi ini juga memberikan bantuan keuangan dan bantuan praktis lainnya untuk keluarga anak-anak penderita kanker itu.

Paus Fransiskus menghampiri pasangan suami istri yang memilih menikah di Vatikan. Saat pasangan itu menuruni tangga gereja, Paus datang menghampiri mereka sambil mengenakan hidung badut itu.

Sejak terpilih menjadi pemimpin gereja Katolik sedunia pada Maret lalu, Paus Fransiskus dikenal dengan berbagai tindakan informal yang tidak pernah dipikirkan para pendahulunya.

Dia membuka akun Instagram, melakukan "selfies" dengan umatnya sesudah misa, dan yang terbaru adalah membiarkan seorang anak laki-laki bermain di altar Vatikan tempat dia memberikan khotbah.

Paus asal Argentina ini juga dikenal dengan pemikiran-pemikiran progresifnya terkait iman Katolik. Dia berusaha untuk membuat gereja Katolik bisa mengikuti modernisasi.

Dia juga mempertanyakan doktrin selibat atau tak boleh menikah bagi imam Katolik yang sudah berlangsung berabad-abad, mempertanyakan "alergi" gereja terhadap homoseksualitas dan kontrasepsi, serta mempermasalahkan posisi perempuan dalam hierarki gereja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com