Kompas.com - 22/10/2013, 22:28 WIB
EditorErvan Hardoko
MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin, Selasa (22/10/2013), menuduh kekuatan asing menggunakan kelompok-kelompok Islam radikal untuk melemahkan Rusia.

Pernyataan Putin ini dikeluarkan sehari setelah aksi bom bunuh diri di sebuah bus di kota Volgograd yang diduga dilakukan oleh seorang perempuan Muslim asal Dagestan, Kaukasus.

"Sejumlah kekuatan politik menggunakan Islam radikal untuk melemahkan Rusia dan menciptakan konflik di tanah Rusia yang dapan dikendalikan dari luar negeri," kata Putin di hadapan sejumlah tokoh dan ulama Muslim di kota Ufa, Rusia.

Namun, Putin tidak menjelaskan rival asing mana yang dia maksud. Putin dikenal gemar menuduh negara lain, termasuk AS, mencoba mencampuri urusan dalam negeri Rusia sejak dia menjabat presiden untuk masa jabatan ketiga.

Sementara terkait kerusuhan rasial di Moskwa bulan ini, Putin mendesak para ulama untuk membantu para imigran Muslim beradaptasi dengan cara hidup bangsa Rusia untuk mengurangi kekerasan.

"Mereka harus mendengarkan suara Anda (ulama). Jika tidak mereka akan menjadi obyek propaganda berbagai kelompok fundamentalis," tambah Putin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.