Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Pengeboman Bus di Rusia Diduga Perempuan

Kompas.com - 21/10/2013, 21:00 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com - Seorang pelaku bom bunuh diri perempuan diduga menjadi pelaku peledakan sebuah bus di kota Volgogran, Rusia, Senin (21/10/2013), yang menyebabkan lima orang tewas.

Seorang petugas Komite Investigasi Rusia mengatakan polisi menemukan sebuah tanda pengenal seorang perempuan yang diduga melakukan aksi bom bunuh diri di dalam bus itu.

Aparat keamanan menduga perempuan itu adalah istri seorang komandan pemberontak yang memerangi pemerintah Rusia di kawasan Kaukasus Utara yang bergolak.

"Dia baru saja menjadi memeluk Islam," kata seorang sumber di Komite Investigasi Rusia kepada kantor berita RIA Novosti.

Meski polisi sudah mengantungi identitas terduga pelaku, namun jenis bahan peledak yang digunakan masih dalam penyelidikan.

Sementara itu, sejumlah pejabat mengatakan sebanyak 40 orang berada di dalam bus ketika bom meledak.

"Banyak pelajar di dalam bus itu. Ledakannya sangat keras," kata seorang pria bernama Vladimir, yang putrinya selamat dari ledakan bom bus tersebut.

Sebelumnya diberitakan sedikitnya lima orang tewas, setelah sebuah bus penumpang hancur akibat ledakan bom di Volgograd, sekitar 900 kilometer sebelat tenggara Moskwa, Rusia, Senin (21/10/2013).

Buruknya keamanan masih merupakan masalah besar di sebagian wilayah selatan Rusia, menjelang olimpiade musim dingin yang akan digelar pada 7-23 Februari di kota wisata Laut Hitam, Sochi, yang berada tak jauh dari kawasan bergolak Kaukasus Utara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com