Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanda Seret Rusia ke Mahkamah Maritim Internasional

Kompas.com - 21/10/2013, 22:49 WIB
DEN HAAG, KOMPAS.com - Pemerintah Belanda, Senin (21/10/2013), mengatakan sudah mengadukan Rusia ke Mahkamah Maritim Internasional dalam upaya membebaskan 30 aktivis Greenpeace yang kini ditahan di Rusia dengan tuduhan pembajakan.

"Negeri Belanda mendesak pembebasan para kru dan kapal milik Greenpeace," demikian pernyataan pemerintah Belanda yang dibacakan di hadapan sidang mahkamah.

"Belanda menganggap pembebasan kapal dan krunya adalah sebuah hal mendesak, maka pemerintah Belanda memilih langkah ini," lanjut pernyataan itu.

Pemerintah Rusia sudah mendakwa para kru kapal Arctic Sunrise dengan dakwaan pembajakan setelah melakukan protes di sebuah anjungan pengeboran minyak Rusia di Laut Artik.

Jika pengadilan menganggap para aktivis itu melakukan tindak kriminal pembajakan maka mereka bisa menghadapi hukuman penjara maksimal 15 tahun.

Para aktivis yang berasal dari 18 negara itu kini ditempatkan dalam sebuah tahanan untuk menunggu sidang yang akan digelar akhir November mendatang di kota Murmanks.

Pemerintah Belanda mengatakan dalam dua atau tiga pekan mendatang Mahkamah Maritim yang berpusat di Hamburg, Jerman akan resmi memulai sidang kasus ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com