Kompas.com - 17/10/2013, 10:27 WIB
EditorEgidius Patnistik
WASHINGTON, KOMPAS.COM — Kongres AS telah meloloskan rancangan undang-undang (RUU) pada Rabu (16/10/2013) malam waktu setempat untuk membuka kembali operasi pemerintah federal dan menghindari gagal bayar utang, yang jika terjadi akan berdampak buruk pada ekonomi global.

Kesepakatan bipartisan di DPR dan Senat AS telah tercapai terkait hal itu. Senat yang dikuasai Demokrat dengan suara mayoritas, yaitu 80 berbanding 18 suara, mendukung RUU tersebut. Keputusan itu kemudian dikirim ke DPR, yang dikendalikan Republik. Hasil voting di DPR menunjukkan 285 suara mendukung RUU itu dan 144 menolak.

Putusan Kongres itu segera dikirim ke Presiden Barcak Obama yang telah berjanji untuk segera mengesahkannya begitu ia memperolehnya. Dengan demikian, penghentian sebagian operasi Pemerintah AS yang telah berlangsung 15 hari akan berakhir. "Saya akan menandatanganinya segera. Kita akan mulai membuka kembali pemerintah kita segera dan kita dapat mulai mengangkat awan ketidakpastian dari bisnis kita dan rakyat Amerika."

Keputusan Kongres itu sepakat untuk menaikkan pagu utang sebesar 16.7 triliun dollar AS. Kesepakatan itu juga akan memperpanjang batas pinjaman pemerintah federal sampai 7 Februari 2014 dan dana pemerintah hingga 15 Januari 2014.

Penghentian operasi pelayanan pemerintah terjadi sejak awal Oktober karena Senat menolak tuntutan DPR, yang dikendalikan Republik, untuk tidak mendanai atau menunda pelaksanaan UU asuransi kesehatan yang digagas Presiden Obama, yang merupakan sebagian dari RUU anggaran. Presiden Obama sejak awal menolak merundingkan perubahan dalam UU asuransi kesehatan sebelum kegiatan pemerintah dibuka kembali.

Kesepakatan terbaru itu tidak mencakup apa pun tuntutan Partai Republik untuk tidak mendanai atau menunda pelaksanaan UU asuransi kesehatan yang digagas Presiden Obama.

"Kami telah berjuang dengan baik. Hanya, kami tidak menang," kata Ketua DPR AS yang berasal dari Partai Republik, John Boehner.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.