Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Demokrat dan Republik Capai Kesepakatan soal Pagu Utang

Kompas.com - 16/10/2013, 23:08 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Para pemimpin Partai Demokrat dan Republik di Senat AS, Rabu (16/10/2013), dikabarkan sudah mencapai kesepakatan untuk mengakhiri kebuntuan fiskal negeri itu.

"Saya mengetahui bahwa mereka sudah mencapai kesepakatan," kata Senator Kelly Ayotte, politisi Republik dari New Hampshire.

Pemimpin mayoritas senat Harry Reid dan Mitch McConner, senator top Republik, memimpin negosiasi untuk menghindari kemungkinan gagal bayar setelah upaya negosiasi sebelumnya di kongres berakhir dengan kegagalan.

"Saya harap kami sudah mendekati akhir dari gonjang-ganjing ini. Sebenarnya kebuntuan fiskal ini tak seharusnya terjadi," kata senator Susan Collins, seorang politisi Republik berhaluan moderat yang mencoba menjembatani sebuah kompromi.

Rincian kesepakatan yang sudah tercapai belum diketahui, saat ini para anggota senat sedang melakukan pertemuan untuk membahas kesepakatan yang dicapai para pemimpin mereka.

Persetujuan senat ini masih memerlukan ratifikasi kongres yang dikuasai partai Republik, yang sebagian faksinya masih menolak sebuah kompromi.

Kamis (17/10/2013) merupakan batas waktu Pemerintah Amerika Serikat mencapai batas utang sebesar 16,7 triliun dollar AS. Jika kesepakatan menaikkan pagu utang tidak dicapai, maka dikhawatirkan AS akan mengalami gagal bayar yang bisa memengaruhi perekonomian global.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com