Kompas.com - 16/10/2013, 17:48 WIB
EditorErvan Hardoko
KAIRO, KOMPAS.com — Hubungan antara Amerika Serikat dan Mesir kini berada di dalam bahaya dan dikhawatirkan bisa berdampak buruk terhadap seluruh kawasan Timur Tengah. Demikian Menteri Luar Negeri Mesir Nabil Fahmy, Rabu (16/10/2013).

Kepada harian pemerintah Al-Ahram, Fahmy mengatakan, semakin panjangnya periode instabilitas hubungan antara AS dan Mesir akan berdampak buruk terhadap Timur Tengah, termasuk kepentingan AS di kawasan ini.

"Hubungan kedua negara sedang dalam bahaya, dan siapa pun yang mengatakan sebaliknya tidak berkata dengan jujur," ujar Fahmy.

Mesir mengkritik keputusan AS yang menunda kucuran bantuan ekonomi dan militer setelah militer membubarkan aksi unjuk rasa Ikhwanul Muslimin. Washington sendiri bersikukuh keputusan ini tidak memengaruhi hubungan kedua sekutu lama itu.

Para pejabat AS mengatakan, keputusan ini merefleksikan ketidaksukaan Washington dengan jalan yang ditempuh Mesir sejak militer menjungkalkan Muhammad Mursi yang sebenarnya terpilih secara demokratis.

Namun, pemerintahan Mesir yang didukung militer menegaskan tidak akan tunduk terhadap tekanan AS. Mesir juga menganggap keputusan AS itu aneh karena dilakukan pada saat Mesir sedang menghadapi perang melawan terorisme.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Reuters
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.