Kompas.com - 14/10/2013, 20:31 WIB
EditorErvan Hardoko
DAMASKUS, KOMPAS.com — Presiden Bashar al-Assad mengatakan dengan bercanda, hadiah Nobel Perdamaian yang diberikan untuk Organisasi Pelarangan Senjata Kimia (OPCW) seharusnya menjadi miliknya.

"Hadiah Nobel, yang diberikan kepada OPCW, seharusnya menjadi milik saya," kata Assad dikutip harian Al-Akhbar, Senin (14/10/2013).

Tentu saja ucapan Assad ini, tulis Al-Akhbar, adalah sebuah gurauan. Pernyataan "canda" itu adalah bagian dari komentar Assad terhadap OPCW yang tengah berada di Suriah untuk menghancurkan persenjataan kimia negeri itu.

Sebenarnya, lanjut Al-Akhbar, Assad pada 2003 pernah mengusulkan agar semua negara Timur Tengah menyerahkan persenjataan pemusnah massal mereka kepada dunia internasional untuk dihancurkan.

OPCW dan PBB kini memiliki tim sebanyak 60 orang pakar dan tenaga pendukung di Suriah sejak 1 Oktober lalu. Mereka mulai bekerja untuk memusnahkan semua senjata kimia Suriah.

Pekerjaan mereka ini dipayungi resolusi Dewan Keamanan PBB yang terbit setelah serangan senjata kimia di Damaskus pada 21 Agustus lalu yang menewaskan ratusan orang.

OPCW memiliki tenggat waktu hingga pertengahan tahun depan untuk menghancurkan semua persenjataan kimia Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.