Kompas.com - 14/10/2013, 18:50 WIB
|
EditorKistyarini


SEOUL, KOMPAS.com
 — Pemerintah Korea Selatan didesak segera mengubah serta meninjau kembali kebijakan dan pendekatan yang diterapkan terhadap para warga Korea Utara yang berhasil membelot ke Negeri Ginseng itu.

Menurut anggota parlemen dari Partai Saenuri, Kim Young-woo, seperti diwartakan surat kabar The Korea Times, Senin (14/10/2013), para pembelot itu lebih membutuhkan bantuan untuk bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan di Korsel ketimbang sekadar memberi bantuan finansial.

Kecemasan Kim diyakini beralasan lantaran separuh dari mereka mengaku mengalami kesulitan menyesuaikan diri dan bahkan memikirkan untuk bunuh diri setelah mereka berhasil kabur dari negeri komunis serba tertutup, Korut.

Fenomena itu, menurut Kim, tampak dari hasil survei yang dilakukannya terhadap 295 orang pembelot, yang saat ini berada di Pusat Permukiman Kembai Hanawon. Sesuai ketentuan, para pembelot ditempatkan di sana selama tiga bulan untuk mengikuti program wajib militer.

"Sebanyak 55,2 persen dari mereka mengaku ingin mati. Sementara 78,6 persen dari mereka merasa depresi, dan 81 persennya mengaku mengalami kesulitan tidur (insomnia) dan gejala kecemasan," ujar Kim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.