Kompas.com - 17/09/2013, 13:13 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com — Pesawat-pesawat tempur Turki menembak jatuh sebuah helikopter Suriah. Alasannya, pesawat itu masuk dan terbang di wilayah Turki tanpa ada otorisasi. Insiden itu, tulis AP pada Selasa (17/9/2013), terjadi Senin kemarin sekitar pukul 14.20 waktu setempat di perbatasan kedua negara. "Helikopter itu masuk dua kilometer ke wilayah kami," kata pernyataan Deputi Perdana Menteri Turki Bulent Arinc.

"Kami sudah berulang-ulang memberikan peringatan. Ketika pelanggaran itu terus berlansung, pesawat-pesawat kami menembakkan sebuah peluru kendali sekitar pukul 14.25. Pesawat helikopter itu jatuh di wilayah Suriah," kata Arinc sembari menambahkan bahwa pihaknya tak punya informasi soal kru helikopter itu.

Sementara itu, Pengamat HAM Suriah dalam pernyataannya mengatakan, salah satu pilot helikopter itu adalah anggota kelompok oposisi. "Satu orang ditangkap sementara satu lagi belum diketahui nasibnya," kata lembaga itu.

Pihak militer Suriah dalam pernyataannya mengatakan kalau helikopter itu salah masuk ke wilayah udara Turki. "Helikopter itu masuk sebentar ke wilayah udara Turki," kata militer Turki.

Pada bagian lain, Menteri Luar Negeri Turki Ahmet Davutoglu mengatakan kalau penembakan itu adalah bagian dari operasi penghukuman. "Turki tidak terima kalau ada pelanggaran di perbatasan kami," katanya.

Turki dan Suriah berpotensi konflik pada wilayah perbatasan kedua negara. Panjang wilayah itu sekitar 900 kilometer. Sebelumnya, setahun silam, Suriah juga pernah menembak jatuh sebuah jet tempur Turki di perbatasan wilayahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.