Kompas.com - 09/09/2013, 11:48 WIB
EditorEgidius Patnistik
SEOUL, KOMPAS.com — Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un, memiliki seorang bayi perempuan bernama Ju-Ae. Demikian menurut mantan bintang NBA, Dennis Rodman, yang menjuluki  penguasa tertinggi di negara otoriter yang terisolasi itu sebagai "ayah yang baik".

Rodman, yang menyebut Kim seorang teman dan baru saja kembali dari kunjungan keduanya ke Pyongyang, mengatakan kepada harian The Guardian bahwa ia telah menghabiskan "waktu bersantai di tepi laut" bersama keluarga Kim dalam kunjungan terakhirnya yang berlangsung lima hari.

"Saya menggendong bayi mereka yang bernama Ju-Ae dan berbicara dengan (istri Kim). Dia seorang ayah yang baik dan memiliki keluarga yang bahagia," kata Rodman.

Hanya sedikit yang diketahui tentang kehidupan pribadi Kim, bahkan usianya tidak diketahui pasti. Sejumlah laporan menyebutnya berusia antara 29-31 tahun. Fakta bahwa dia sudah menikah baru terungkap pada Juli tahun lalu ketika sejumlah foto menunjukkan seorang perempuan muda menyertai pemimpin baru itu di acara-acara resmi. Perkiraan akan hadirnya seorang anak kecil muncul setelah tayangan televisi negara itu pada Desember memperlihatkan istrinya, Ri Sol-Ju, tampak hamil.

Tidak ada konfirmasi resmi tentang kelahiran. Namun, Rodman berkomentar setelah kunjungan pertamanya ke Pyongyang enam bulan lalu bahwa Ri sering berbicara tentang bayi perempuannya. Sebelumnya, sudah ada laporan yang belum dikonfirmasi bahwa pasangan tersebut sudah memiliki seorang anak.

Kim merupakan pemimpin generasi ketiga dari dinasti yang berkuasa yang dimulai oleh kakeknya Kim Il-Sung dan diikuti mendiang ayah Kim Jong-Il. Para pengamat mengatakan, dalam sebuah masyarakat konservatif dan hierarkis seperti Korea Utara, hampir tidak ada kesempatan suksesi kepemimpinan diserahkan kepada seorang anak perempuan.

Rodman dijadwalkan akan mengadakan konferensi pers pada Senin malam di New York. Mantan pemain Chicago Bulls yang flamboyan itu mengatakan kepada Guardian bahwa ia dan Kim telah membahas rencana untuk mengadakan "pertandingan persahabatan basket bersejarah" antara Korea Utara dan Amerika Serikat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.