Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iklan "Cara Konyol untuk Mati" Dapat Banyak Penghargaan

Kompas.com - 26/06/2013, 07:49 WIB
MELBOURNE, KOMPAS.COM - Iklan layanan masyarakat berjudul Cara Konyol untuk Mati produksi perusahaan kereta api swasta Melbourne, Metro Trains, meraih penghargaan terbanyak dalam Festival Kreativitas Lions International di Cannes, Perancis, akhir pekan lalu. Iklan yang disaksikan lebih dari 50 juta orang di Youtube sejak diluncurkan November 2012 itu meraih 5 gelar Grand Prix, 18 Singa Emas, 3 Singa Perak, dan 2 Singa Perunggu.

Berdurasi tiga menit, iklan itu mengimbau orang menjaga keselamatan di sekitar kereta api. Dihiasi lagu riang dan tingkah lucu makhluk seperti amuba, dua menit pertama klip itu berisi hal konyol yang membahayakan. Hal itu misalnya menyodok beruang dengan tongkat, memelihara ular berbisa, atau menjual dua ginjal lewat internet.

Puncaknya, kecerobohan, seperti menerobos palang pelintasan kereta api atau terjatuh dari peron ke rel di stasiun. ”Idenya muncul setelah melihat orang melakukan hal berisiko di sekitar kereta api,” kata Leah Waymark, Manajer Hubungan Masyarakat Metro Melbourne.

Yang menarik, Metro Trains melaporkan, korban kecelakaan kereta api turun 21 persen sejak iklan ini diluncurkan. ”Kami tak pernah membayangkan hasilnya sebaik ini,” ujar Waymark. (Reuters/upi/was)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com