Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Monyet Ini Berusaha Bangunkan Sang Induk yang Mati Tersetrum

Kompas.com - 22/02/2020, 22:04 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sebuah momen mengharukan ketika seekor anak monyet di India berusaha membangunkan sang induk yang diketahui mati tersetrum.

Bayi Golden Langur ini menangisi bangkai ibunya, di mana berusaha melakukan upaya yang sia-sia untuk mencoba membangkitkannya kembali.

Baca juga: Anak Monyet Ini Peluk Induknya yang Sudah Mati

Momen memilukan ini direkam pada 12 Februari sekitar pukul 15.00 waktu lokal, oleh tim hutan lindung Kakoijana dekat Bongaigaon, Negara Bagiab Assam.

Bayi monyet langur, hewan pandemik Assam serta sejumlah kawasan di Bhutan, nampak begitu stres dan terus berada di dekat bangkai sang induk.

Laporan lokal menyatakan, induknya mati tersetrum. Namun, si bayi terus menerus berada di dekatnya, mengira dia akan bangun sewaktu-waktu.

Dilansir Daily Mirror Selasa (18/2/2020), dua petugas kemudian menyelimuti bangkai monyet betina itu dengan kain, dan membawanya untuk dikuburkan.

Ini bukan kali pertama ada monyet yang mati karena bersentuhan dengan tegangan tinggi. Di bagian lain India, pemerintah setempat mengeluarkan imbauan.

Di Hutan Lindung Mymensingh Santoshpur, misalnya. otoritas meminta agar kabel listrik bisa dicabut karena sering menyebabkan korban pada binatang.

Seperti namanya, langur atau lutung emas mempunyai bulu emas dan terkenal karena wajah dan ekornya yang hitam hingga setengah meter.

Bulu primata tersebut juga bisa berubah berdasarkan cuaca, di mana mereka digolongkan terancam punah dengan saat ini, tersisa 6.000 ekor di alam liar.

Baca juga: Kerap Masuk ke Permukiman, Kawanan Monyet Liar Resahkan Warga Bogor

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com