Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Bunuh Diri Meledak di Sebuah Masjid di Pakistan, 16 Tewas

Kompas.com - 16/09/2016, 18:46 WIB

ISLAMABAD, KOMPAS.com - Seorang pengebom bunuh diri beraksi di sebuah masjid di desa Butmana, wilayah barat laut Pakistan, Jumat (16/9/2016), menewaskan 16 orang dan melukai 35 orang lainnya.

Desa Butmana, lokasi serangan brutal ini, berada di distrik Mohmand kawasan kesukuan yang berbatasan dengan Afganistan tempat militer Pakistan memerangi Taliban.

"Ibadah shalat Jumat sedang berlangsung di masjid itu ketika seorang pengebom bunuh diri beraksi menewaskan 16 orang umat Islam yang sedang beribadah," kata seorang pejabat senior setempat.

"Kawasan serangan itu sangat terpencil dan sejauh ini kami hanya menerima informasi dari sumber-sumber kami di lokasi," tambah pejabat tersebut.

Sejauh ini belum diperoleh pernyataan dri kelompok apapun yang mengaku mendalangi aksi tersebut.

Namun, Taliban Pakistan dikenal sering menyerang sasaran-sasaran empuk seperti gedung pengadilan, sekolah dan masjid.

Pada Desember 2014, kelompok Taliban menyerang sebuah sekolah di kota Peshawar dan menewaskan lebih dari 150 orang, sebagian besar anak-anak dalam sebuah serangan terburuk dalam sejarah Pakistan.

Pada Juni 2014, militer Pakistan menggelar operasi militer yang bertujuan untuk mengakhiri pemberontakan Taliban yang sudah menewaskan ribuan orang itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com