Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taliban Pakistan: Pembantaian Anak-anak untuk Balas Serangan Militer

Kompas.com - 18/12/2014, 15:32 WIB
ISLAMABAD, KOMPAS.com — Saat Pakistan memulai masa berkabung nasional selama tiga hari pada Rabu (17/12/2014), pihak Taliban mengatakan bahwa mereka menyasar sekolah yang sebagian besar muridnya anak-anak tentara karena para siswa itu bercita-cita mengikuti jejak ayah mereka dan akan menyasar kaum militan.

Sejumlah teroris menyerang sekolah di Peshawar, Selasa lalu. Dengan bahan peledak diikatkan ke tubuh mereka, mereka menyerbu ke sebuah auditorium yang penuh dengan siswa yang sedang ujian. Para teroris itu menyemburkan peluru dan 145 orang tewas. Dari semua korban itu, 132 orang di antaranya anak-anak.

Dalam sebuah e-mail, kelompok teroris itu memperingatkan umat Islam untuk menghindari tempat-tempat yang berhubungan dengan militer. Mereka mengatakan, pihaknya menyerang sekolah itu guna membalas kematian anak-anak yang diduga telah dibunuh tentara di daerah suku-suku di Pakistan.

Taliban Pakistan menuduh para siswa di sekolah milik tentara itu "mengikuti jejak ayah dan saudara-saudara mereka untuk ambil bagian dalam perang melawan suku-suku" di seluruh negara itu.

Army Public School and Degree College mempunyai sekitar 1.100 siswa dan staf, sebagian besar dari mereka merupakan putra-putri para tentara dari sekitar Peshawar. Sekolah itu mengakui bahwa orangtua para murid mereka memang militer, tetapi pelajaran di situ tidak mengarahkan mereka untuk menjadi tentara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber CNN
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com