Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Sambut Hubungan Baru dengan Iran Pasca-pencabutan Sanksi

Kompas.com - 18/01/2016, 04:00 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama menyambut hangat hubungan baru dengan Iran setelah sanksi internasional terkait program nuklir Teheran dicabut.

Obama mengatakan, kesepakatan ini berarti Iran tidak akan lagi mengembangkan senjata nuklir.

Ia menyebutnya sebagai kemajuan bersejarah, yang dicapai melalui cara-cara diplomatik, bukan melalui perang di Timur Tengah.

"Selama beberapa dekade kita tidak saling bicara... pada akhirnya ini tidak menguntungkan kepentingan Amerika," kata Obama di Washington, Minggu (17/1/2016).

"Kita bisa mencapainya melalui diplomasi tanpa harus melancarkan peperangan di Timur Tengah," katanya.

Obama juga menyambut baik pembebasan lima warga negara AS yang berasal Iran dalam pertukaran tawanan antara kedua negara.

Penahanan lima warga AS tersebut, termasuk wartawan Washington Post Jason Rezaian, selama ini mengganggu hubungan antara kedua negara.

"Ketika orang-orang Amerika dibebaskan, jelas ini sesuatu yang layak kita rayakan," ujar Obama.

Sebelumnya, Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan bahwa pencabutan sanksi yang telah diterapkan selama lebih dari satu dekade adalah kemenangan bagi rakyat Iran.

Pencabutan sanksi ekonomi terhadap Iran dilakukan setelah negara tersebut mematuhi perjanjian internasional untuk mengendalikan program nuklirnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com