Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakistan: 900 Anggota Militan Tewas dalam Operasi Anti-Taliban

Kompas.com - 03/09/2014, 15:02 WIB
ISLAMABAD, KOMPAS.com — Militer Pakistan, Rabu (3/9/2014), mengatakan, pihaknya telah menewaskan lebih dari 900 anggota militan dan kehilangan 82 tentara sejak memulai operasi besar melawan Taliban di wilayah suku di barat laut negara itu pada Juni.

Militer memulai serangan yang sudah lama ditunggu-tunggu untuk membasmi basis-basis pemberontak dari distrik Waziristan Utara, di perbatasan Afganistan, setelah serangan berdarah di bandara Karachi yang akhirnya membuyarkan upaya pembicaraan damai dengan para pemberontak.

Serangan udara, artileri, mortir, dan pasukan darat digunakan untuk merebut kembali wilayah di Waziristan Utara, yang telah menjadi surga bagi kaum militan Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP) dan kelompok teror lainnya.

Pihak militer mengatakan, kota-kota utama, yaitu Miranshah dan Mir Ali, kini telah dibersihkan dari pemberontak. Jalan strategis penting sepanjang 90 kilometer yang melalui Waziristan Utara juga kini aman.

"Sejak awal operasi, 910 teroris telah tewas. Sebanyak 82 tentara mati syahid di seluruh negeri saat berperang melawan terorisme, sementara 269 orang lainnya luka-luka," kata militer dalam sebuah pernyataan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com