Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kirim Dua Tahanan Guantanamo ke Arab Saudi

Kompas.com - 16/12/2013, 20:09 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Pentagon, Senin (16/12/2013), Pemerintah Amerika Serikat memindahkan dua tahanan Guantanamo ke Arab Saudi. Dengan pemindahan ini, maka total tahanan yang tersisa di basis militer AS di Kuba ini tinggal 160 orang.

Setelah melalui "evaluasi yang komprehensif" terkait kasus mereka, Saad Muhammad Husayn Qahtani dan Hamood Abdullah Hamood dipindahkan dengan konsensus enam departemen dan agensi yang tergabung dalam sebuah gugus tugas. Demikian juru bicara Pentagon, Todd Breasseale.

"Pemerintah AS sudah menghasilkan kemajuan nyata dalam memindahkan tahanan Guantanamo meski sejumlah batasan legislatif memengaruhi kinerja kami," demikian pernyataan Paul Lewis, utusan khusus Departemen Pertahanan untuk penutupan Guantanamo.

Lewis mengatakan, bersama dengan Kementerian Luar Negeri berkomitmen untuk memindahkan lebih banyak lagi tahanan Guantanamo untuk mengurangi populasi tahanan dan pada akhirnya menutup fasilitas ini.

Meski pembatasan transfer tahanan dari Guantanamo masih menjadi bahan perdebatan di kongres, Presiden Barack Obama tetap mencoba mempercepat proses repatriasi demi tujuan akhir, yaitu menutup fasilitas tahanan Guantanamo, yang sudah beroperasi hampir 12 tahun.

Sebelum pemindahan terakhir ini, sudah 82 tahanan dibebaskan termasuk 56 warga Yaman. Pada 5 Desember lalu, dua warga Aljazair dipindahkan dari Guantanamo ke negeri asalnya meski kedua tahanan itu khawatir akan menghadapi dakwaan baru di Aljazair.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com