Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Bersumpah Akan Bebaskan Tahanan Guantanamo

Kompas.com - 31/07/2013, 16:06 WIB
DUBAI, KOMPAS.com — Pemimpin Al Qaeda Ayman Al-Zawahiri mengecam tindakan AS terhadap para tahanan di pangkalan militer Teluk Guantanamo yang melakukan aksi mogok makan.

Al-Zawahiri, melalui pesan audio yang diunggah ke internet, Rabu (31/7/2013), akan melakukan apa pun untuk membebaskan para tahanan di Guantanamo.

"Aksi mogok makan yang dilakukan saudara-saudara kami di Guantanamo membuka topeng keburukan Amerika Serikat," ujar Zawahari.

"Kami bersumpah kepada Allah, kami akan melakukan segala cara untuk membebaskan mereka, terutama Omar Abdel Rahman, Aafia Siddiqui, Khaled Sheikh Mohammed, dan semua Muslim yang tertindas," tambah dia.

Al-Zawahiri tidak menjelaskan lebih lanjut upaya Al Qaeda untuk membebaskan para tahanan itu. Biasanya, kelompok militan akan menculik warga negara Barat untuk ditukar dengan kawan-kawan mereka di dalam tahanan.

Saat ini diperkirakan sebanyak 166 orang yang diduga terkait dengan serangan 11 September 2001 di New York, ditahan di pangkalan militer AS di Guantanamo, Kuba.

Sebagian dari mereka melakukan aksi mogok makan untuk memprotes penahanan mereka yang dinilai tidak jelas. Akibat aksi ini, tentara AS memaksa sebagian dari mereka untuk makan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com