Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran William: Mandela, Luar Biasa dan Menginspirasi

Kompas.com - 06/12/2013, 07:51 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
LONDON, KOMPAS.com — Pangeran William menyatakan kesedihan mendalam atas kabar kematian Nelson Mandela. Pangeran Inggris ini baru saja menyaksikan tayang perdana film tentang perjalanan hidup Mandela ketika mendapatkan kabar berpulangnya ikon pejuang anti-apartheid itu.

Sebelum film berjudul Long Walk to Freedom itu diputar, putri Mandela yang hadir di sana menyatakan kondisi ayahnya baik tetapi lemah. Siapa sangka bila seputar pemutaran film, kabar duka datang untuk Zindzi, putri Mandela itu.

Tidak diketahui keberadaan Zindzi saat kabar kematian Mandela diumumkan oleh Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Sementara William baru mendapat kabar setelah film selesai diputar dan memberikan pernyataan singkat sesudah semua orang di lokasi pemutaran film itu mengheningkan cipta selama dua menit.

"Kita hanya mengingat seorang pria yang luar biasa dan menginspirasi. Saya berduka untuk Mandela dan keluarganya," kata William. Pernyataan William ini menjadi sejarah pernyataan pertama dari keluarga Kerajaan Inggris yang disampaikan tanpa naskah untuk sebuah peristiwa besar.

Penonton bioskop yang memutar premier film Mandela meninggalkan gedung dalam keheningan dan keterkejutan.
Aktor Inggris, Idris Elba, yang berperan sebagai Mandela di film tersebut mengatakan di atas karpet merah saat memasuki bioskop, berharap Mandela hidup cukup lama untuk dapat menyaksikan film ini.

"Dia (Mandela, red) telah melihat bagian dari film ini. Tapi, pada akhirnya ini adalah (film) tentang hidupnya, yang dia ada di dalamnya, (kisah) yang telah dia jalani," kata Elba. "Mungkin dia bahkan tak perlu menyaksikan film ini (untuk tahu jalan ceritanya)."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com