Kompas.com - 28/02/2020, 16:58 WIB

 OTTAWA, KOMPAS.com - Pemerintah Kanada menyatakan tidak akan menyediakan bantuan keamanan lagi untuk pasangan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Sejak kedatangannya di Kanada pada November 2019, Pangeran Harry dan Meghan selalu dikawal oleh Royal Canadian Mounted Police (RCMP).

Namun hal tersebut akan segera berakhir, seiring sejoli dari Sussex ini memutuskan keluar sebagai "anggota senior" Kerajaan Inggris mulai 31 Maret 2020.

Baca juga: Pangeran Harry Minta Diperkenalkan Sebagai Harry Saja

Sebelumnya, RCMP memberi pengawalan atas perintah dari Polisi Metropolitan.

"Duke dan Duchess dari Sussex memilih ke Kanada sementara waktu, dan ini adalah situasi unik yang belum pernah dihadapi pemerintah Kanada," ungkap Menteri Keamanan Publik Kanada, Bill Blair, dikutip dari BBC Kamis (27/2/2020).

"RCMP telah terlibat dengan para pejabat Inggris sejak awal mengenai pertimbangan keamanan. Sebab Duke dan Duchess diakui sebagai Orang-orang yang Dilindungi Secara Internasional."

"Kanada memiliki kewajiban untuk memberikan bantuan keamanan berdasarkan kebutuhan," lanjut Blair.

Baca juga: Pangeran Harry dan Meghan Markle Dilarang Pakai Gelar Sussex Royal?

Sementara itu Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau sudah berulang kali menghadapi pertanyaan tentang siapa yang akan membayar dan memberikan keamanan bagi Sang Pangeran dan istrinya.

"Bantuan keamanan akan berhenti dalam beberapa minggu mendatang, sesuai dengan perubahan status mereka," tulis pernyataan dari pihak Keamanan Publik Kanada, dikutip dari BBC.

Terkait hal ini, baik Polisi Metropolitan maupun juru bicara pasangan Harry-Meghan tidak ada yang mempermasalahkannya.

Baca juga: Sebulan Mundur dari Kerajaan Inggris, Harry-Meghan Muncul ke Publik

Halaman:
Sumber BBC


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.