Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pesawat Meloncat Seperti Belalang dan Terbakar ketika Sudah di Tanah"

Kompas.com - 06/05/2019, 13:25 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MOSKWA, KOMPAS.com - Petr Egorov masih tidak bisa menyembunyikan ketakutannya setelah pesawat Sukhoi Superjet 100 dari maskapai Aeroflot Rusia terbakar setelah mendarat darurat.

Pesawat dengan nomor penerbangan SU1492 dengan tujuan Murmansk memutuskan kembali dan mendarat darurat di Bandara Sheremetyevo Moskwa sebelum terbakar.

Baca juga: Pesawat Aeroflot Terbakar Saat Mendarat Darurat, 41 Orang Tewas

Pesawat itu membawa 78 penumpang dan awak kabin dengan Komite Investigasi Rusia menuturkan hanya 38 orang yang selamat. 41 orang, termasuk dua anak dan satu kru kabin, tewas.

Kepada harian lokal Komsomolskaya Pravda via Russian Today Kamis (5/5/2019), Egorov menuturkan pesawat kembali lagi dan mendarat dengan keras.

"Kami hampir mati ketakutan. Pesawat ini meloncat seperti belalang dan mulai terbakar setelah berada di tanah," ucap Egorov.

Sejumlah video yang beredar di media sosial memperlihatkan sayap pesawat Aeroflot terbakar setelah mendarat darurat dengan orang-orang berteriak panik.

Seorang saksi mata mengatakan, api dengan cepat berkobar di pesawat itu. "Pemadam kebakaran dengan cepat berada di lokasi. Namun saya tidak bisa melihat jika ada evakuasi," ujarnya.

Rekaman video dari kejadian menunjukkan kejadian menyeramkan di mana pesawat mendarat darurat dengan keras, sempat meloncat sebelum api melalap bagian sayap.

Para penumpang segera menyelamatkan diri dengan meloncat dari seluncur di pintu depan sebelah kanan setelah asap hitam pekat mulai membubung ke angkasa.

Berdasarkan laporan koreponden Russian Today Igor Zhdanov, dibutuhkan waktu 55 detik bagi tim penyelamat untuk mengeluarkan para penumpang dari lokasi.

Saksi mata lain yang melihat kejadian dari pesawat lain mengungkapkan tim pemadam kebakaran yang bergerak ke lokasi tidak panik dan berjuang memadamkan api.

Penyelidik masih belum mengungkapkan penyebab pesawat itu bisa terbakar. Salah satu teori yang berkembang adalah pesawat tersambar petir segera setelah lepas landas.

Baca juga: Power Bank Meledak dan Terbakar di Pesawat Aeroflot, Penumpang Panik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com