Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat Aeroflot Terbakar Saat Mendarat Darurat, 41 Orang Tewas

Kompas.com - 06/05/2019, 05:54 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber BBC,AFP

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah pesawat maskapai Aeroflot milik Rusia diaporkan terbakar ketika mendarat darurat di Bandara Sheremetyevo di ibu kota Moskwa.

Rekaman dramatis yang beredar di media sosial memperlihatkan pesawat Sukhoi Superjet 100 dari Aeroflot langsung mengeluarkan kepulan asap dan kobaran api sesaat setelah mendarat.

Penumpang terlihat menyelamatkan diri dari pesawat yang terbakar menggunakan seluncur tiup yang berada di bagian depan, seperti dilansir AFP Minggu (5/5/2019).

Baca juga: Pesawat Garuda Indonesia Tujuan Jeddah Mendarat Darurat di Srilanka

Komite Investigasi menyatakan terdapat 78 penumpang dan awak kabin dengan pesawat terbang dari Sheremetyevo menuju Murmansk pada pukul 18.02 waktu setempat.

Dikutip BBC, Aeroflot dalam keterangan tertulisnya mengungkapkan pilot segera mengirim sinyal darurat karena diketahui terdapat "malfungsi" tak lama setelah lepas landas.

Setelah pilot memutuskan putar balik ke Sheremetyevo dan mendarat darurat, api langsung berkobar di bagian mesin.

"Awak kami sudah berupaya menyelamatkan penumpang dalam waktu 55 detik," tegas Aeroflot.

Meski begitu, 41 orang termasuk dua anak dan seorang awak kabin, tewas. "Berdasarkan informasi terbaru yang diperoleh, 37 orang selamat," ujar Komite Investigasi.

Menteri Kesehatan Regional Moskwa Dmitry Matveyev menyatakan 11 penumpang dilaporkan terluka dengan tiga di antaranya segera dilarikan ke rumah sakit.

Penyelidik menjelaskan mereka tidak ingin langsung menarik kesimpulan tentang penyebab pesawat mengalami masalah teknis, dan masih mempelajari semua kemungkinan.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menuturkan, Presiden Vladimir Putin telah menyampaikan dukacita kepada keluarga yang menjadi korban tewas.

Harian Komsomolskaya Pravda mengutip seorang penumpang bernama Petr Egorov yang mengungkapkan mereka baru saja lepas landas ketika pesawat tersambar petir.

Baca juga: Boeing 737 MAX Milik Southwest Airlines Mendarat Darurat di Orlando

"Pesawat kemudian mendarat dengan keras. Saya hampir mati ketakutan di sana," terang Egorov.

Sumber internal kepada Interfax berkata, pilot langsung mengirim sinyal darurat setelah mendarat.

"Percobaan pertama pendaratan darurat itu tak berhasil. Kemudian di upaya kedua, rodanya menghantam tanah, disusul hidung pesawat sebelum muncul api," ujar sumber itu.

Sumber lain mengatakan pesawat tersebut memutuskan mendarat dengan kondisi bahan bakar penuh karena berisiko jika membuangnya di sekitar Moskwa.

Akibat insiden tersebut, sejumlah penerbangan dilaporkan dialihkan ke bandara lain di Moskwa atau Nizhny Novgorod, sekitar 500 km di timur ibu kota.

Baca juga: Pesawat Terbakar di Pondok Cabe Berawal Saat Melakukan Pendaratan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com