Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Kecil, Pria Ini Merasa Dirinya adalah Anjing

Kompas.com - 04/04/2019, 19:57 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

MANCHESTER, KOMPAS.com - Sejak kecil, Kaz James, seorang pria yang tinggal di Greater Manchester Inggris, mempunyai perasaan bahwa dia bukanlah manusia pada umumnya.

Dia merasa bahwa dirinya adalah seekor anjing. Aneh memang. Namun James benar-benar total dalam berusaha mewujudkan "jati dirinya" itu.

Sehari-hari, seperti diwartakan Daily Mail Rabu (3/4/2019), James adalah pria biasa asal Norfolk yang bekerja sebagai manajer sebuah toko.

Baca juga: Kabur, Dua Ekor Anjing Rottweiler Serang Bocah Berusia 2 Tahun

Namun di luar pekerjaannya, James bakal mengenakan pakaian anjing khusus dari karet, topeng, tali kekang, hingga pakaian bulu seharga 2.000 pounds, sekitar Rp 37,2 juta.

Tak hanya berpakaian, tingkah laku James juga mirip anjing. Dia bakal menggongong kepada setiap orang yang dikenalnya, hingga makan dari mangkuk khusus.

"Saya tidak merasa bahwa diri saya adalah manusia. Melainkan seekor anjing yang tengah tersesat," aku James sebagaimana dikutip Asia One.

James mengungkapkan, dia merasakan perilaku tak biasa itu pada usia enam tahun saat tinggal bersama orangtuanya di pertanian Norfolk.

Temannya mengetahui perilakunya ketika dia menyapa dengan cara mengendus, menggigit, atau menjilati mereka. Saat itu, dia sempat dianggap aneh.

Hingga, orangtua James memutuskan memasang internet tatkala dia berumur 17 tahun, dan iseng-iseng berselancar hingga mengetahui ada orang seperti dia.

"Saat itu seakan momen pembebasan mengetahui ada orang lain yang bertingkah laku seperti saya. Merasa aneh sepanjang hidupnya," ujarnya.

Ketika akhirnya dia pindah dari Norfolk ke Manchester pada 2005, dia benar-benar mengeluarkan jati dirinya, dan menjadi "manusia anjing".

Dia menuturkan bisa bersikap seperti orang kebanyakan. Saat pagi hingga sore, dia adalah seorang manajer toko yang tentunya penuh kesibukan.

Baca juga: TKP Rusak, Anjing Pelacak Tak Bisa Endus Jejak Pelaku Pembunuhan Calon Pendeta

James juga mengatakan dia bisa bersikap layaknya orang normal ketika makan di restoran dan bergaul dengan orang lainnya. Tapi, itu membuatnya tidak nyaman.

Karena itu, setelah sampai di rumah dia bakal "berganti wujud" mengenakan pakaian anjing atau makan di mangkuk anjing untuk membuatnya nyaman.

"Saya tidak makan makanan anjing. Namun saya menyukai Bonios (biskuit anjing). Rasanya cukup enak," kata pria yang kini berusia 37 tahun tersebut.

Dia menuturkan menjalani hari-harinya secara normal, dan mendirikan Kennel Club, organisasi yang melindungi kesehatan dan kesejahteraan anjing.

Selain itu, James juga merupakan penulis How to Train a Human Pup. "Seumur hidup, gaya hidup saya adalah menjadi seekor anjing," pungkas dia.

Baca juga: Anjing Pelacak Temukan 2 Jenazah, Korban Tewas Banjir Bandang Jayapura 105 Orang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com