Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Korsel: Kim Jong Un Bakal Bertemu Putin dan Xi Jinping

Kompas.com - 08/10/2018, 13:32 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in berkata Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un bakal melakukan dua pertemuan penting.

Dalam rapat kabinetnya, Moon menyampaikan bahwa Kim bakal bertemu dengan Presiden China Xi Jinping dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Baca juga: Bertemu Menlu AS, Kim Jong Un Sepakat Digelarnya KTT Kedua AS-Korut

Reuters via Channel News Asia mewartakan Senin (8/10/2018), Moon mengatakannya setelah Kim bertemu Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo.

Dalam penjelasannya dalam pertemuan kabinet, Moon berujar Kim bakal menjamu Xi di Pyongyang, dan kemudian bertolak ke Rusia untuk menemui Putin.

Xi pernah mengunjungi Korut di 2008. Namun saat itu posisinya sebagai Wakil Presiden China. Sejak menjadi orang nomor satu di 2013, dia belum sekalipun berkunjung.

Meski begitu, dia mengutus Li Zhanshu, pejabat berkuasa ketiga di Partai Komunis, untuk hadir dalam peringatan 70 tahun Korut September lalu.

Sementara pekan lalu, Ketua Senat Rusia Valentina Matviyenko berkunjung ke Seoul, dan menjelaskan bahwa pertemuan antara Kim dan Putin sedang dipersiapkan.

Moon berkata, era baru di Semenanjung Korea tengah berlangsung dalam dua pertemuan yang tidak disebut kapan bakal dilaksanakan itu.

Pertemuan Kim dengan Xi dan Putin tersebut, papar Moon, bakal mempercepat usaha untuk denuklirisasi di Semenanjung Korea.

"Kita bakal melakukan serangkaian usaha aktif untuk bekerja sama dengan negara-negara tersebut," ujar Moon kepada para menterinya dikutip SCMP.

Lebih lanjut, media Korut KCNA memberitakan pertemuan antara Kim dan Pompeo Minggu (7/10/2018) berlangsung dalam suasana yang positif dan membangun.

Baca juga: Kim Jong Un Difavoritkan Jadi Peraih Nobel Perdamaian

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com