Kompas.com - 08/10/2018, 08:33 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un sepakat untuk menggelar konferensi tingkat tinggi kedua antara Korut dan Amerika Serikat secepatnya.

Kesepakatan itu dicapai setelah Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo bertemu dengan Kim Jong Un pada Minggu (7/10/2018) pagi di Pyongyang. Ini merupakan kunjungan keempat Pompeo ke Korea Utara.

Sekitar dua jam diskusi, pertemuan keduanya dilanjutkan dengan makan siang. Kemudian, Pompeo melanjutkan perjalanan ke Seoul, Korea Selatan.

Baca juga: Sejak Kim Jong Un Berkuasa, Jumlah Pembelot Korea Utara Menurun

"Dia sepakat dengan Ketua Kim untuk mengadakan KTT kedua AS-Korut dalam waktu secepat mungkin," demikian pernyataan dari kantor kepresidenan Korea Selatan, seperti diwartakan AFP.

Dalam pertemuan Pompeo dan Kim Jong Un di Pyongyang, keduanya juga membahas langkah denuklikrisasi yang akan diambil Korut.

Dilaporkan Yonhap News, Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha mengklaim, kunjungan Menlu AS ke Korut menuai keberhasilan.

"Sepertinya itu telah membawa hasil yang baik," katanya.

Dia mengadakan pertemuan makan malam dengan Pompeo di Seoul, namun Kang tidak merinci lebih lanjut hasil dari kunjungan Pompeo ke Pyongyang.

Menurut dia, tidak ada pembicaraan tentang tanggal pasti KTT kedua AS-Korut akan diselenggarakan.

"Tidak ada pembicaraan tentang tanggal tertentu," ucapnya.

Halaman:
Sumber AFP,Yonhap


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.