Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Ayah Perintahkan Pembunuhan Suami Saya"

Kompas.com - 21/09/2018, 11:57 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber BBC

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pada 14 September lalu, Pranay Perumalla dibunuh di hadapan istrinya, Amrutha Varshini, dalam sebuah kasus "pembunuhan demi kehormatan".

Kisah lengkapnya diungkap BBC Telugu yang berkesempatan berbicara dengan Amrutha, perempuan yang tengah berduka itu.

Kisah cinta Amrutha dan Pranay sudah dimulai saat mereka duduk di bangku SMA di Miriyalaguda, sebuah kota kecil di negara bagian Telangana, wiyalah selatan India.

"Sejak pertama bertemu, kami sudah saling menyukai. Kami kerap ngobrol lewat telepon dan akhirnya kami jatuh cinta," ujar Amrutha sambil memaksa diri untuk tersenyum.

Baca juga: Kecewa Punya Menantu Beda Kasta, Ayah Wanita Ini Diduga Sewa Pembunuh

Amrutha (21) berasal dari keluarga kaya dan kasta atas. Sementara Pranay, yang berusia 24 tahun saat meninggal dunia, merupakan kasta Dalit yang dianggap kelas paling rendah di India.

Pada April 2016, keduanya nekat menikah meski orangtua Amrutha tak merestui. Kini, dalam kondisi mengandung lima bulan, Amrutha berada dalam situasi yang tak pernah dia bayangkan.

"Ayah membunuh suami saya karena dia tak berasal dari kasta yang sama dengan kami," ujar Amrutha.

Sejauh ini tak ada data resmi tetapi berdasarkan sebuah studi ratusan orang tewas dibunuh di India dalam apa yang  disebut "pembunuhan demi kehormatan".

Sebagian dari korban adalah akibat mereka menikah tanpa restu atau mencintai seseorang di luar kasta mereka.

Banyak keluarga di India masih memilih pernikahan yang sudah diatur dengan sesama kasta atau orang dengan agama  yang sama.

Polisi sudah menangkap ayah Amrutha, Maruti Rao dan enam orang lainnya termasuk kakak laki-laki Maruti dan tiga orang pembunuh bayaran terkait kasus ini.

Perwira kepolisian setempat AV Ranganath mengatakan, Maruti diyakini melakukan konspirasi dengan saudaranya dan dua orang lainnya untuk membunuh Pranay.

Mereka kemudian membayar tiga orang yang membantu pembunuhan ini sebesar 10 juta rupee atau sekitar Rp 2 miliar.

Baca juga: Akibat Punya Istri Beda Kasta, Seorang Pria Tewas Dibunuh

Ranganath menambahkan, serangan di luar rumah sakit yang akhirnya menewaskan Pranay adalah percobaan pembunuhan keempat terhadap pria itu.

"Maruti sudah mengakui perbuatannya dan mengatakan di melakukan semuanya karena Pranya adalah seorang (kasta) Dalit dan keluarganya miskin," kata Ranganath.

Namun, sejauh ini tidak diperoleh pernyataan dari Maruti Rao atau kuasa hukumnya. Sementara kediamannya kosong saat BBC Telugu mendatang rumah tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com