Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 7 Pemimpin Negara yang Berusia Tua

Kompas.com - 20/09/2018, 11:11 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sejumlah negara di dunia tidak hanya dipimpin oleh mereka yang masih berusia muda dan energik. Namun, ada juga sejumlah pemimpin dunia yang berusia lanjut dan memiliki banyak pengalaman.

Sebagian besar negara memang mensyaratkan calon pemimpin harus memiliki kesehatan yang memadai. Meski begitu, usia terlihat tidak menjadi halangan bagi pemimpin berusia tua dalam menjalankan tugasnya.

Pemimpin muda memang relatif menawarkan ide-ide segar dan kecakapan kerja yang dinamis. Sementara pemimpin dengan usia lanjut memiliki banyak pengalaman dan kematangan pola pikir dalam mengambil kebijakan. 

Masing-masing hadir dengan kelebihannya masing-masing. Di dunia ini, setidaknya terdapat tujuh pemimpin negara yang saat ini masih aktif menjabat di usianya yang lebih dari 80 tahun.

1.  Salman bin Abdul Aziz Al Saud

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz saat menghadiri pertemuan tingkat tinggi Konferensi Liga Arab di kota Dhahran, Minggu (15/4/2018).AFP/BANDAR AL-JALOUD/ SAUDI ROYAL PALACE Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz saat menghadiri pertemuan tingkat tinggi Konferensi Liga Arab di kota Dhahran, Minggu (15/4/2018).

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz al Saud lahir pada 31 Desember 1935. Ia langsung menjabat raja pada 23 Januari 2015, saat raja sebelumnya, Raja Abdullah, mangkat.

Usianya saat itu sudah menginjak angka 79 tahun dan hingga hari ini ia masih memimpin Arab Saudi.

Sekarang, Raja Salman berusia 82 tahun dan masih aktif memimpin negara monarki tersebut.

Ia melakukan berbagai tugas kenegaraan, seperti kunjungan ke luar negeri. Misalnya, saat melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada Februari 2017.

2. Paul Biya

Presiden Kamerun Paul Biya (AFP) Presiden Kamerun Paul Biya (AFP)

Selanjutnya, ada Presiden Kamerun, Paul Biya yang saat ini sudah berusia 85 tahun. Saat ini Paul Biya masih aktif menjabat sebagai kepala negara di negara Afrika Tengah itu.

Ia lahir pada 13 Februari 1933, dan diangkat menjadi presiden sejak 6 November 1982. Saat dilantik usianya masih 49 tahun.

Sampai sekarang ia masih menjadi Presiden Kamerun, itu berarti Biya sudah memimpin negara itu hampir selama 36 tahun.

3. Raúl Castro

Paus Fransiskus bertemu dengan Presiden Kuba Raul Castro dalam pertemuan tertutup di Vatikan, 10 Mei 2015.AP Paus Fransiskus bertemu dengan Presiden Kuba Raul Castro dalam pertemuan tertutup di Vatikan, 10 Mei 2015.

Berikutnya, terdapat Raúl Modesto Castro, atau lebih dikenal sebagai Raúl Castro. Ia merupakan Presiden Kuba yang saat ini berusia 87 tahun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com