Kompas.com - 26/02/2020, 18:18 WIB

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Mahathir Mohamad pada Rabu (26/02/2020) mengajukan bentuk pemerintah bersatu pada pernyataan publik pertamanya setelah pengunduran diri yang menimbulkan kekacauan di negerinya, Malaysia.

Faksi politik telah berebut posisi setelah blok anggota parlemen koalisi berkuasa.
Serta, partai oposisi mencoba membentuk pemerintahan baru dan menghentikan kembalinya pengganti Mahathir, Anwar Ibrahim.

Baca juga: Ambisi Gantikan Mahathir Jadi PM Malaysia Kandas, Anwar Ibrahim Kaget Dikhianati

Terdapat juga laporan terkait anggota parlemen dari koalisi "Pakta Harapan" yang runtuh dan menyerbu ke kemenangan mengejutkan pada 2018.

Secara tak terduga, menjatuhkan dukungan mereka terhadap Anwar untuk menjadi pemimpin.

"Partai politik harus dikesampingkan saat ini," Kata Mahathir yang mundur pada Senin (24/02/2020).

"Jika diizinkan, saya akan mencoba membentuk pemerintahan yang inklusif dan tidak berpihak pada partai politik manapun," tambahnya.

Politisi berjuluk Dr M tersebut menyatakan, dia ingin membentuk pemerintahan yang hanya memprioritaskan kepentingan nasional.

Mahathir Mohamad telah mengirimkan surat pengunduran diri kepada Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah.

Mahathir mengatakan bahwa dirinya mengundurkan diri karena tidak siap bekerja dengan Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO).

Sebagai informasi, UMNO merupakan bekas kendaraan politik politisi berusia 94 tahun itu sejak 1946 silam hingga 2016, sebelum dia mendirikan Partai Pribumi Bersatu Malaysia (Bersatu).

Baca juga: Raja Malaysia Restui Mahathir Mohamad Mundur

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.