Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Palestina Jalani "Operasi Kecil" di Tepi Barat

Kompas.com - 15/05/2018, 19:00 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

TEPI BARAT, KOMPAS.com - Presiden Palestina Mahmoud Abbas dilaporkan dibawa ke rumah sakit pada Selasa (15/5/2018). Dia menjalani sebuah operasi kecil pada telinganya.

Diberitakan media pemerintah, Wafa, Presiden Abbas terlihat tiba di sebuah rumah sakit di dekat Ramallah, di wilayah Tepi Barat yang diduduki.

Abbas disebut mendapat operasi minor pada telinganya dan langsung dipulangkan beberapa jam setelahnya.

Kondisi kesehatan presiden berusia 83 tahun tersebut memang tengah menjadi perhatian, termasuk kebiasaan merokoknya yang cukup berat.

Baca juga: Presiden Palestina Minta Anak-anak Dijauhkan dari Perbatasan Gaza

Perhatian tidak hanya tertuju pada kondisi kesehatan sang presiden, namun juga spekulasi terkait calon penerusnya yang hingga kini masih tanda tanya.

Pada Februari lalu, Presiden Abbas dilaporkan juga mendapat perawatan medis di rumah sakit di AS. Namun disebutkan kemudian tindakan yang dilakukan adalah tes rutin.

Abbas terpilih menjadi presiden melalui pemilihan pada 2005. Namun partainya Fatah, kalah dalam pemilihan parlemen terhadap Hamas pada tahun berikutnya.

Kondisi tersebut memicu ketegangan antara kedua pihak yang meningkat hingga mendekati perang sipil pada 2007 setelah Hamas menguasai Jalur Gaza.

Pemilihan belum kembali digelar sejak saat itu dan Abbas tetap berkuasa di Tepi Barat meski masa jabatannya berakhir pada 2009.

Baca juga: Yordania Segera Cabut Kewarganegaraan Presiden Palestina

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com