Krisis Pangan di Venezuela Tewaskan Enam Warga - Kompas.com

Krisis Pangan di Venezuela Tewaskan Enam Warga

Agni Vidya Perdana
Kompas.com - 12/01/2018, 15:20 WIB
Deretan rak bahan pangan yang nyaris kosong di sebuah supermarket di Caracas, Venezuela, pada 11 Januari 2018.Juan Barreto / AFP Deretan rak bahan pangan yang nyaris kosong di sebuah supermarket di Caracas, Venezuela, pada 11 Januari 2018.

CARACAS, KOMPAS.com - Krisis pangan parah tengah melanda Venezuela. Mendorong terjadinya aksi penjarahan makanan yang berujung pada kekerasan.

Total telah ada enam warga meninggal dunia akibat krisis yang telah terjadi sejak Desember 2017 lalu.

Mengutip AFP, empat orang tewas dan 15 lainnya luka-luka pada Kamis (11/1/2018), setelah aksi penjarahan makanan berubah menjadi kekacauan dan kekerasan.

Dua korban lainnya, yakni seorang remaja 19 tahun yang tewas tertembak pada Rabu (10/1/2018) ketika ratusan orang menjarah truk yang membawa tepung dan ayam di barat kota Guanare.

Baca juga: Krisis Ekonomi, Warga Venezuela Mulai Memulung Barang di Sungai

Kemudian pada 31 Desember, seorang gadis 19 tahun juga tewas tertembak, diduga oleh tentara, saat mengantre di Caracas untuk membeli daging yang didistribusikan pemerintah.

Toko-toko di kota Arapuey, sebelah barat Venezuela, menjadi sasaran para warga yang putus asa karena membutuhkan bahan pangan. Menjadikan rak-rak toko nyaris kosong melompong.

Beberapa kali bentrok dengan tentara dan polisi tidak terhindarkan. Anggota parlemen oposisi Carlos Paparoni mengatakan, setidaknya 100 orang telah ditahan.

Anggota parlemen oposisi lainnya, Gaby Arellano menyebut kawasan tersebut kini telah dikuasai polisi dan tentara.

Sementara pemilik toko melakukan segala cara untuk melindungi barang-barang dagangan mereka.

Baca juga: Inflasi Sudah 1.000 Persen, Upah Minimum di Venezuela Malah Dinaikkan

Venezuela mengalamai krisis akibat harga minyak bumi yang terus turun, menyebabkan inflasi melonjak. Belum lagi ditambah masalah korupsi.

Diperkirakan hiperinflasi mencapai 2.300 persen pada tahun ini.

Penelitian yang dilakukan universitas lokal menunjukkan 30,2 persen warga Venezuela menghadapi kemiskinan dan 51,5 persen kemiskinan ekstrem.

Namun pernyataan resmi pemerintah hanya menempatkan angka masing-masing 18,3 persen dan 4,4 persen.

PenulisAgni Vidya Perdana
EditorAgni Vidya Perdana
SumberAFP
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM