Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/12/2017, 00:06 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

HARARE, KOMPAS.com - Komandan Tentara Zimbabwe Jenderal Constantino Chiwenga mengumumkan pengunduran dirinya dari jabatannya di militer pada Senin (18/12/2017).

Pemimpin pergerakan militer yang berujung pada mundurnya Robert Mugabe dari kursi kepresidenan itu disebut tengah mengambil langkah untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden.

Kabar pengunduran diri tersebut muncul usai Chiwenga, melalui televisi pemerintah, memperingatkan tentara akan turun tangan menghentikan perseteruan dalam partai berkuasa, ZANU-PF.

Baca juga: Emmerson Mnangagwa Mantapkan Hegemoni sebagai Presiden Zimbabwe

"Jenderal Constantino Guvheya Dominic Nyikadzino Chiwenga akan pensiun dan menunggu pemindahan kembali," kata Misheck Sibanda, Sekretaris Utama Presiden Emmerson Mnangagwa.

Dilansir dari AFP, militer Zimbabwe juga telah mengumumkan penghentian operasi dan akan mengembalikan tugas pengamanan kepada kepolisiaan.

"Situasi normal kini telah kembali ke negara kita," kata Panglima Tentara Nasional Zimbabwe Phillip Valerio Sibanda.

Militer Zimbabwe mulai melancarkan serangkaian operasi yang disebut pembersihan oknum di pemerintahan pada 15 November lalu.

Tentara mengatakan target operasi adalah sekutu-sekutu korup Mugabe saat menguasai wilayah tersebut.

Intervensi militer tersebut diikuti oleh demonstrasi massa dan tekanan untuk memberhentikan Mugabe, yang akhirnya resmi mundur pada 21 November melalui sebuah surat kepada parlemen.

Jabatan presiden kini dipegang mantan wakil Mugabe, Emmerson Mnangagwa, yang hanya akan memerintah hingga digelarnya pemilu pada 2018 mendatang.

Baca juga: Korban Kekerasan di Zimbabwe Menanti Maaf dari Mnangagwa

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com