Kompas.com - 15/12/2017, 11:04 WIB
|
EditorArdi Priyatno Utomo

HARARE, KOMPAS.com - Tiga pekan menjadi suksesor Robert Mugabe sebagai Presiden Zimbabwe, Emmerson Mnangagwa berusaha memantapkan hegemoninya.

Dilansir kantor berita AFP Jumat (15/12/2017), Mnangagwa bakal menggunakan kongres partai berkuasa Zanu-PF sebagai ajang konsolidasi menghadapi pilpres September 2018.

Kongres Zanu-PF yang rencananya berlangsung sehari di Harare rencananya memiliki agenda menetapkan Mnangagwa sebagai calon presiden untuk pilpres 2018.

Oposisi pemerintahan, David Coltart berkata, Mnangagwa merasa perlu untuk menggalang suara di Zanu-PF.

Sebab, istri Mugabe, Grace Mugabe, masih bercokol di sana. Grace adalah pemimpin dari barisan pemuda Zanu-PF, atau Generasi 40 (G40).

Baca juga : Korban Kekerasan di Zimbabwe Menanti Maaf dari Mnangagwa

"Selain memantapkan posisinya di Zanu-PF, tujuan lain dari kongres luar biasa adalah memastikan kelompok Grace Mugabe berada di tempat yang semestinya," kata Coltart.

Pengamat politik dari Universitas Masvingo, Takavafira Zhou menyatakan, kongres luar biasa ini bakal menjadi ajang kekuatan antara Grace dan Mnangagwa.

"Mnangagwa yang didukung oleh militer, dengan Grace yang mengandalkan kelompok G40-nya," papar Zhou.

Grace menjadi inti krisis politik di Zimbabwe 14-21 November, yang diawali dengan kudeta militer.

Perempuan yang dijuluki "Gucci", karena kebiasaannya berfoya-foya, itu berkeinginan untuk menciptakan dinasti Mugabe jika suaminya lengser pada 2018.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.